Wednesday, April 27, 2016

Wirausaha muda dibalik kesuksesan Kaskus

Hai Mamos :)


Siapa yang tidak tahu sebuah forum diskusi yang akrab dengan sapaan gan atau agan. Iya siapa yang tak tahu dengan Kaskus tetapi tidak banyak yang tau kalau di balik kesuksesan forum diskusi ini tidak lepas dari tangan dingin Andrew Darwis pria yang lahir di Jakarta pada tanggal 20 Juli 1979 ini sejak tahun 1999 silam. Kesuksesan yang diraihnya sekarang ini bukanlah sesuatu yang instan, karena dia membutuhkan proses dan perjalanan hidup yang panjang.


Kaskus sendiri berasal dari kata kasak kusuk atau memiliki arti lain yaitu bergosip. Dengan modal awal hanya Rp30.000.00 untuk membeli server. Andrew saat itu dibantu oleh kedu rekannya untuk membuat sebuah portal berita maupun informasi mengenai Indonesia. Portal tersebut sengaja dibuat sebagai media untuk memuaskan kerinduan masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri. Andrew melihat mulai berkembangnya bisnis online yang akan mendukung perkembangan Kaskus untuk ke depannya.


Kendala awal yang cukup menyita waktu dan tenaga menurut Andrew adalah pada saat awal pembentukan Kaskus adalah iya harus turun tangan langsung memperbaiki jika ada server yang down, karena sebagai strat up company tentunya Kaskus saat itu belum memiliki karyawan ditambah lagi Andrew juga terpaksa pindah ke jakarta karena harus meyakinkan customer dan advertiser mengenai citra kaskus.

Untuk strategi komunikasi pemasaran sendiri saat itu Andrew juga terpaksa turun tangan langsung yang dikenal dengan istilah jemput bola, dimana Andrew langsung menghampiri klien satu per satu untuk memperkenalkan Kaskus tidak sampai satu tahun Kaskus sudah mulai menuai kepercayaan publik. Hal ini diiukuti dengan banyaknya klien klien besar yang mendukung Kaskus sejak awal. Hanya berselang 2 bulan dari launching pada bulan November 2008 Kaskus sudah resmi menjadi sebuah perusahaan profesional dibawah naungan PT. Darta Media Indonesia, dipimpin oleh Ken Dean Lawadinata.

Saat ini menurut informasi pada tahun 2015 setelah 15 tahun berdiri dari November 1999 jumlah 8 juta anggota. Kaskus memiliki target pasar di usia 15-40 tahun baik kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, profesional, dan entrepreneur. Dengan tercapainya 8 juta anggota kaskus telah membuktikan visinya yang ingin menekankan infrastruktur ke komunitas Kaskuser yang tersebar di seluruh dunia. Selain itu Kaskus juga memiliki lebih dari 530 kategori, dan tentunya dengan banyaknya variasi kategori yang tersedia di kaskus akan membuat Kaskus dapat menarik lebih banyak komunitas lagi.








No comments:

Post a Comment