Tuesday, March 15, 2016

Mamorae : “Solusi Marketing UKM Indonesia Melalui Media Sosial”

Dok: bisnis.liputan6.com

Sebagai salah satu andalan pendapatan negara, UKM atau usaha kecil menengah tentu harus kita dukung keberadaannya. Saat ini di Indonesia, UKM rupanya telah menjadi salah satu pilihan favorit bagi kalangan remaja maupun dewasa. Berbagai bisnis kreatif mulai bermunculan, baik itu merupakan adaptasi dari luar seperti food truck ataupun yang memang orisinil berasal dari Indonesia seperti kerajinan tangan dari berbagai daerah. Sayangnya ternyata sebagian masyarakat Indonesia masih ada yang meragukan kualitas produk dari negaranya sendiri. Padahal sudah cukup banyak bukti yang menunjukkan bahwa kualitas produk dari berbagai daerah di Indonesia bahkan telah menembus persaingan pasar dunia.

Minimnya product knowledge atas produk-produk lokal ini bisa jadi dikarenakan masih terbatasnya cakupan pemasaran UKM. Biaya pemasaran yang cenderung besar di media yang ada menjadi salah satu faktor penghambat kegiatan marketing UKM. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat kualitas produk lokal yang sebenarnya tidak kalah bagus dari produk impor tetapi dikarenakan faktor kuatnya modal menjadi sangat mudah tersisih dalam persaingan bisnis di negeri sendiri.

Untungnya beberapa tahun belakangan muncul sebuah terobosan baru dalam pemasaran produk atau jasa. Cara ini bahkan digadang-gadang jauh lebih efektif dibandingkan pemasaran tradisional. Cara ini adalah marketing melalui internet atau digital marketing. Menurut ensiklopedia bebas Wikipedia, Pemasaran digital atau digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Karakteristik inilah yang menjadikan digital marketing dengan cepat diterima dan digemari oleh kebanyakan produsen dalam memasarkan produk atau jasa mereka.

Pemasaran yang tepat waktu dapat diartikan bahwa, sebagai pemasar, anda dapat menentukan sendiri kapan waktu terbaik untuk menampilkan iklan atau promosi dari produk atau jasa anda. Keleluasaan dalam menentukan waktu beriklan ini cukup banyak memberi dampak karena masing-masing pemasar memiliki target pasar yang berbeda-beda karakteristiknya dalam hal pengoptimalisasian pemakaian internet pada waktu luang mereka. Sebagai contoh, waktu luang target pasar dewasa tentu berbeda dengan target pasar remaja.

Selain itu digital marketing juga bersifat pribadi. Pribadi dalam hal cara penyampaian pesan yang bisa langsung ditujukan kepada individu target pasar melalui saluran akun media sosial mereka. Pesan yang disampaikan pun menjadi lebih jelas dan tepat sasaran karena langsung dapat diterima oleh target pasar tanpa melalui perantara apapun. Digital marketing juga memiliki karakteristik relevan, karena kefleksibelannya dalam hal penyebaran dan isi konten. Pemasar dapat menyesuaikan  waktu dan isi konten promosi dengan tren terbaru yang sedang berjalan saat itu juga sehingga pesan yang disampaikan dapat menjadi lebih menarik perhatian.

Dok: rumahukm.com

Banyaknya keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan membuat digital marketing dengan cepat digemari dan menjadi pilihan utama para pemasar baik dalam skala kecil maupun besar. Termasuk juga para pemilik UKM yang hingga kini turut menjadi penikmat digital marketing melalui akun media sosial yang mereka kelola untuk mendapat lebih banyak pengikut atau followers.

Tetapi terkadang sekedar memiliki dan mengelola akun media sosial dan menunggu followers hanya dengan posting-posting dari akun itu sendiri terasa tidak terlalu berdampak signifikan. Mengapa? Karena sekarang jagat sosial media sudah menjadi terlalu luas, beratus-ratus ribu akun membuat posting setiap hari dan kemungkinan bagi posting akun berfollowers sedikit untuk terlihat secara luas juga relatif kecil.

Mamorae hadir sebagai platform end-to-end digital marketing yang akan membantu para pelaku bisnis untuk lebih memperluas cakupan promosi mereka melalui akun sosial media para buzzer kami. Siapa itu buzzer? Buzzer adalah para pemilik akun media sosial aktif yang memiliki followers lebih dari 300. Pelaku bisnis dapat bergabung menjadi Merchant di Mamorae dan menggunakan jasa buzzer kami sejumlah yang diinginkan. Biaya nya pun jauh lebih terjangkau dibandingkan harus beriklan di media massa manapun. Cakupan promosi juga dapat dikatakan luas karena para buzzer diharuskan minimal memiliki 300 followers. Para buzzer juga akan dibayar per menit selama durasi pemasangan gambar Merchant yang minimal selama 180 menit atau 3 jam.

Keuntungan bagi kedua belah pihak, Buzzer dan Merchant adalah yang berusaha dibangun oleh Mamorae. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar dengan masuk ke website kami di www.mamorae.com, baik sebagai Buzzer maupun Merchant, langsung kerjakan Jobs untuk Buzzer atau mulai marketing bagi Merchant, dan dapatkan keuntungannya!


Mamorae, your money maker engine!

No comments:

Post a Comment