Dok: bisnis.liputan6.com |
Sebagai salah
satu andalan pendapatan negara, UKM atau usaha kecil menengah tentu harus kita
dukung keberadaannya. Saat ini di Indonesia, UKM rupanya telah menjadi salah
satu pilihan favorit bagi kalangan remaja maupun dewasa. Berbagai bisnis
kreatif mulai bermunculan, baik itu merupakan adaptasi dari luar seperti food truck ataupun yang memang orisinil
berasal dari Indonesia seperti kerajinan tangan dari berbagai daerah. Sayangnya
ternyata sebagian masyarakat Indonesia masih ada yang meragukan kualitas produk
dari negaranya sendiri. Padahal sudah cukup banyak bukti yang menunjukkan bahwa
kualitas produk dari berbagai daerah di Indonesia bahkan telah menembus
persaingan pasar dunia.
Minimnya product knowledge atas produk-produk
lokal ini bisa jadi dikarenakan masih terbatasnya cakupan pemasaran UKM. Biaya
pemasaran yang cenderung besar di media yang ada menjadi salah satu faktor
penghambat kegiatan marketing UKM. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat
kualitas produk lokal yang sebenarnya tidak kalah bagus dari produk impor
tetapi dikarenakan faktor kuatnya modal menjadi sangat mudah tersisih dalam
persaingan bisnis di negeri sendiri.
Untungnya beberapa
tahun belakangan muncul sebuah terobosan baru dalam pemasaran produk atau jasa.
Cara ini bahkan digadang-gadang jauh lebih efektif dibandingkan pemasaran
tradisional. Cara ini adalah marketing melalui internet atau digital marketing.
Menurut ensiklopedia bebas Wikipedia, Pemasaran digital atau digital
marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan
menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu,
pribadi, dan relevan. Karakteristik inilah yang menjadikan digital marketing
dengan cepat diterima dan digemari oleh kebanyakan produsen dalam memasarkan
produk atau jasa mereka.
Pemasaran yang
tepat waktu dapat diartikan bahwa, sebagai pemasar, anda dapat menentukan
sendiri kapan waktu terbaik untuk menampilkan iklan atau promosi dari produk
atau jasa anda. Keleluasaan dalam menentukan waktu beriklan ini cukup banyak
memberi dampak karena masing-masing pemasar memiliki target pasar yang
berbeda-beda karakteristiknya dalam hal pengoptimalisasian pemakaian internet
pada waktu luang mereka. Sebagai contoh, waktu luang target pasar dewasa tentu
berbeda dengan target pasar remaja.
Selain itu
digital marketing juga bersifat pribadi. Pribadi dalam hal cara penyampaian
pesan yang bisa langsung ditujukan kepada individu target pasar melalui saluran
akun media sosial mereka. Pesan yang disampaikan pun menjadi lebih jelas dan
tepat sasaran karena langsung dapat diterima oleh target pasar tanpa melalui
perantara apapun. Digital marketing juga memiliki karakteristik relevan, karena
kefleksibelannya dalam hal penyebaran dan isi konten. Pemasar dapat
menyesuaikan waktu dan isi konten
promosi dengan tren terbaru yang sedang berjalan saat itu juga sehingga pesan
yang disampaikan dapat menjadi lebih menarik perhatian.
Dok: rumahukm.com |
Banyaknya keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan membuat digital marketing dengan cepat
digemari dan menjadi pilihan utama para pemasar baik dalam skala kecil maupun
besar. Termasuk juga para pemilik UKM yang hingga kini turut menjadi penikmat
digital marketing melalui akun media sosial yang mereka kelola untuk mendapat
lebih banyak pengikut atau followers.
Tetapi terkadang
sekedar memiliki dan mengelola akun media sosial dan menunggu followers hanya dengan posting-posting
dari akun itu sendiri terasa tidak terlalu berdampak signifikan. Mengapa?
Karena sekarang jagat sosial media sudah menjadi terlalu luas, beratus-ratus
ribu akun membuat posting setiap hari dan kemungkinan bagi posting akun berfollowers sedikit untuk terlihat secara
luas juga relatif kecil.
Mamorae hadir
sebagai platform end-to-end digital
marketing yang akan membantu para pelaku bisnis untuk lebih memperluas cakupan
promosi mereka melalui akun sosial media para buzzer kami. Siapa itu buzzer?
Buzzer adalah para pemilik akun media sosial aktif yang memiliki followers lebih dari 300. Pelaku bisnis
dapat bergabung menjadi Merchant di Mamorae dan menggunakan jasa buzzer kami
sejumlah yang diinginkan. Biaya nya pun jauh lebih terjangkau dibandingkan
harus beriklan di media massa manapun. Cakupan promosi juga dapat dikatakan
luas karena para buzzer diharuskan minimal memiliki 300 followers. Para buzzer juga akan dibayar per menit selama durasi
pemasangan gambar Merchant yang minimal selama 180 menit atau 3 jam.
Keuntungan bagi
kedua belah pihak, Buzzer dan Merchant adalah yang berusaha dibangun oleh
Mamorae. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar dengan masuk ke website kami di www.mamorae.com, baik sebagai Buzzer maupun
Merchant, langsung kerjakan Jobs untuk Buzzer atau mulai marketing bagi
Merchant, dan dapatkan keuntungannya!
Mamorae, your money maker engine!
No comments:
Post a Comment