Monday, February 22, 2016

5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif




Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan. Inovasi adalah setiap ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invensi maupun diskoveri. Inovasi terkadang dipersepsikan sama artinya dengan kreatif.
 
Dalam dunia bisnis, inovasi dapat dipahami sebagai penemuan baru yangBERBEDA dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya, bertujuan untuk MEMPRAKARSAI atau MEMPERBAIKI suatu produk, proses  atau jasa. Nah, untuk bisa menemukan ide bisnis atau usaha yang terbilang inovatif, setidaknya ada 5 sumber inspirasi yang bisa menjadi acuan.
 
METODE 1: LAKUKAN RISET PRODUK DAN BISNIS
Melakukan riset produk adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk memastikan produk atau bisnis yang akan kita luncurkan akan mendapatkan “tempat” di pasar.

Dengan bantuan media internet melalui fasilitas browsing, kini sangat mudah melakukan riset untuk menemukan ide produk atau bisnis yang inovatif. Kamu cukup mengetik kata kunci tertentu terkait dengan ide Kamu, lalu tekan tombol enter dan akan bermuncullan aneka produk sejenis atau terkait dengan ide bisnis kamu.
 
Nah, dari penelusuran ini, kamu bisa begitu mudah memadukan beberapa produk atau bisnis yang sudah ada dan meramunya kembali menjadi sebuah bisnis baru yang inovatif. Internet juga bisa digunakan untuk memastikan apakah sebuah ide bisnis betul-betul orisinil dan belum ada samanya di tempat lain.
 
METODE 2: BELAJAR DARI SUKSES BISNIS LAIN
Bisnis yang sudah sukses dan mapan pasti memiliki sejumlah keunggulan. Dengan mengetahui keunggulan-keunggulannya, Kamu juga bisa mulai membangun bisnis baru yang serupa tetapi dengan beberapa nilai lebih yang berbeda dengan bisnis aslinya. Konsep sederhananya adalah ATM (amati, tiru dan modifikasi). Jadi, kemanapun kamu pergi, setiap yang kamu jumpai bisa menjadi ide bisnis untuk Kamu duplikasi secara kreatif.
Karena itulah, sebenarnya tidak sulit menemukan sebuah ide bisnis. Ujian berat biasanya terjadi pada tahap bagaimana memulai bisnis tersebut sehingga bisa berhasil dan mapan.
 
Nah, pada tahap ini apakah Kamu pernah memikirkan bagaimana meniru sebuah bisnis yang sudah eksis lalu kemudian mengganti brand-nya dengan nama yang Kamu sukai dan memberikan “nilai tambah” pada bisnis tersebut?
 
METODE 3: INSPIRASI DARI MASALAH PERSONAL
Terkadang persoalan yang kita alami secara personal bisa menjadi sebuah ide bisnis yang brilian. Ambil contoh adalah munculnya ide jasa share produk melalui Facebook dan Twitter, yakni mamorae.com . Sang Founder M. Aghnia Syahputra (Aga) mengatakan bahwa ide jasa share sebenarnya muncul lantaran ia sering mendapati pengguna akun Facebook dan Twitter seringshare dan posting hal-hal yang kurang bermanfaat dan tidak mendapatkan penghasilan dari Facebook dan Twitter.
 
Terinspirasi oleh masalah itulah, akhirnya muncul ide kreatif Aga untuk membuat suatu wadah marketing yang dapat membantu dan mempertemukan antara unit-unit bisnis kecil dalam memasarkan produknya melalui share danposting yang dilakukan oleh pengguna akun Facebook dan Twitter. Dari setiapposting yang dilakukan akan mendapatkan Rp 10,-/menit. Sebuah ide bisnis kreatif bagi kamu pengguna aktif media sosial terutama Facebook dan Twitter.
 
METODE 4: BELAJAR DARI MASALAH ORANG LAIN
Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang dikeluhkan oleh orang lain terkait dengan produk atau bisnis yang sudah berjalan.
 
Khusus untuk tahap ini, kekuatan data yang berisi masukan dari setiapcustomer menjadi salah satu syarat. Jika masukan customer baik melalui testimoni langsung, email, chatting maupun komplain bisa dianalisa dengan tepat, tidak mustahil bisa muncul sebuah ide bisnis baru yang lebih laku di pasaran.
 
METODE 5: AMATI TREND YANG SEDANG BERKEMBANG
Metode selanjutnya untuk bisa menemukan sebuah ide bisnis adalah dengan memperhatikan trend yang sedang berkembang. Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta. Kamu bisa mengamati trend pada lingkungan sosialita, teknologi informasi atau perkembangan gadget dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif.
 
Contoh kasus adalah trend gadget saat ini. Penggunaan gadget tidak lepas dari media sosial yang semakin banyak. Setidaknya, terdapat 5-10 media sosial dalam sebuah gadget. Dengan semakin bertambahnya pengguna akun media sosial, maka trend tersebut bisa menjadi lahan bisnis dengan ide kreatif dan inovatif seperti yang dilakukan oleh Aga dengan mamorae.com -nya. (Berbagai Sumber)
 
Nah, apa ide kreatif Kamu? Apakah itu bernilai bisnis?

No comments:

Post a Comment