Apa itu UMKM? Apa urgensinya?
Tau kah kamu, Usaha mikro, kecil, dan menengah
(UMKM) adalah salah satu motor penggerak perekonomian dan ‘tulang punggung’
perekonomian di Indonesia. UMKM yang ada di negara kita ini menyumbang sekitar
60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan juga memberikan kesempatan kerja pada
banyak masyarakat kita. Jadi, bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia
akan terus berkembang dan memberikan peluang usaha bagi mereka yang menyukai
dunia wirausaha.
Data Kemenkop & UKM pada tahun 2011 jumlah
UMKM meningkat menjadi 55,2 juta. 7,39% lebih tinggi dari usaha besar yang
hanya 6,49%.Sedangkan jumlah tenaga kerja UMKM 101,7 juta orang berbeda jauh
dari usaha besar yang hanya 2,89 juta orang. Jumlah ini akan terus bertambah
seiring dengan perkembangan dan persaingan dunia bisnis UMKM.
Sudah selayaknya kita mendukung UMKM yang ada di
Indonesia agar terus berkembang dan tidak kalah bersaing dengan arus
globalisasi. Dengan apa? Pertama dengan mencintai produk-produk dalam negeri.
Berbicara kualitas, produk lokal ga kalah kualitas kok dengan produk asing. Kedua, membantu marketing melalui media
sosial. Biaya marketing atau promosi dari UMKM tidaklah sebesar usaha besar
yang mampu mengeluarkan dana besar untuk membayar promosi di Televisi, media
cetak dan lain sebagainya. Melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter kalian
bisa membantu para pelaku bisnis UMKM untuk memasarkan produk mereka. Dengan
demikian, para pelaku bisnis UMKM dapat menekan biaya promosi hingga ke titik
paling efisien dan efektif.
Nah, bagi kamu yang sudah memiliki usaha dan ingin
mengembangkan bisnis kamu dengan efektif dan efisien, kehadiran Mamorae sangat kamu
perlukan. Mamorae
mempertemukan kamu dengan calon konsumen secara langsung dan bisa berinteraksi
dengan mereka. Dengan demikian, promosi kamu lebih terukur, produk kamu lebih
cepat dikenal tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. So, dengan hadirnya Mamorae diharapkan
akan menjadi solusi bagi dunia UMKM dengan meminimalisasi biaya promosi, dan
optimalisasi media sosial secara efektif dan efisien.
Ayo…! Dukung UMKM di Indonesia dengan
memperkenalkan produk-produk dalam negeri lewat media sosial. Ga ada salahnya kok jika kita bantu mengkampanyekan produk-produk dalam negeri.
Bangga dengan menggunakan produk UMKM artinya kita menyumbang pertumbuhan
perekenomian di Indonesia.
No comments:
Post a Comment