Thursday, February 11, 2016

Ayo Rame-Rame Dukung UMKM

Apa itu UMKM? Apa urgensinya?



Tau kah kamu, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah salah satu motor penggerak perekonomian dan ‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia. UMKM yang ada di negara kita ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan juga memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat kita. Jadi, bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia akan terus berkembang dan memberikan peluang usaha bagi mereka yang menyukai dunia wirausaha.


Data Kemenkop & UKM pada tahun 2011 jumlah UMKM meningkat menjadi 55,2 juta. 7,39% lebih tinggi dari usaha besar yang hanya 6,49%.Sedangkan jumlah tenaga kerja UMKM 101,7 juta orang berbeda jauh dari usaha besar yang hanya 2,89 juta orang. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan dan persaingan dunia bisnis UMKM.



Sudah selayaknya kita mendukung UMKM yang ada di Indonesia agar terus berkembang dan tidak kalah bersaing dengan arus globalisasi. Dengan apa? Pertama dengan mencintai produk-produk dalam negeri. Berbicara kualitas, produk lokal ga kalah kualitas kok dengan produk asing. Kedua, membantu marketing melalui media sosial. Biaya marketing atau promosi dari UMKM tidaklah sebesar usaha besar yang mampu mengeluarkan dana besar untuk membayar promosi di Televisi, media cetak dan lain sebagainya. Melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter kalian bisa membantu para pelaku bisnis UMKM untuk memasarkan produk mereka. Dengan demikian, para pelaku bisnis UMKM dapat menekan biaya promosi hingga ke titik paling efisien dan efektif.


Nah, bagi kamu yang sudah memiliki usaha dan ingin mengembangkan bisnis kamu dengan efektif dan efisien, kehadiran Mamorae sangat kamu perlukan. Mamorae mempertemukan kamu dengan calon konsumen secara langsung dan bisa berinteraksi dengan mereka. Dengan demikian, promosi kamu lebih terukur, produk kamu lebih cepat dikenal tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. So, dengan hadirnya Mamorae diharapkan akan menjadi solusi bagi dunia UMKM dengan meminimalisasi biaya promosi, dan optimalisasi media sosial secara efektif dan efisien. 



Ayo…! Dukung UMKM di Indonesia dengan memperkenalkan produk-produk dalam negeri lewat media sosial. Ga ada salahnya kok jika kita bantu mengkampanyekan produk-produk dalam negeri. Bangga dengan menggunakan produk UMKM artinya kita menyumbang pertumbuhan perekenomian di Indonesia.

No comments:

Post a Comment