Sunday, February 14, 2016

Belanja Lewat Perangkat Mobile terus Meningkat

Tahu kah kamu bahwa bahwa transaksi belanja online melalui smartphone di Indonesia sekarang semakin meningkat?


Melalui penelitian terbarunya, MasterCard’s Mobile Shopping Survey, MasterCard menemukan bahwa hampir setengah dari konsumen di Asia Pasifik (45.6%) telah berbelanja melalui smartphone. Survei yang dilakukan selama tiga bulan ini mengungkapkan bahwa kenyamanan merupakan faktor utama yang mendorong konsumen untuk membeli berbagai kebutuhan mereka melalui smartphone.

Selain digunakan untuk berbelanja, konsumen juga menggunakan smartphone untuk membandingkan harga di toko konvensional dan di toko online. Hampir dari setengah responden (44.5%) telah melakukan perbandingan harga sebelum berbelanja. Dengan proporsi yang hampir sama, sebanyak 44.2% responden juga menyatakan bahwa mereka terlebih dahulu melakukan riset secara online sebelum membeli barang secara langsung di toko.

Hasil penelitian tersebut didapat berdasarkan serangkaian interview yang dilaksanakan di 14 negara antara bulan Oktober-Desember 2014, di mana setidaknya 500 orang yang berusia antara 18-64 tahun di ke-14 negara tersebut telah mengikuti interview. (sumber : marketing.co.id)

Nah, bagaimana dengan Indonesia?
Memang belum ada penelitian resmi soal penggunaan smartphone dalam berbelanja online di Indonesia. Namun bisa kita rasakan perubahan sosial yang terjadi, dimana pengguna smartphone lebih sering berbelanja online dibandingkan harus berkunjung ke Mall atau pasar tertentu (konvensional). Tidak sekedar belanja online, sekarangpun muncul berbagai usaha online di banyak bidang, seperti transportasi : uber, gojek, grab bike dll, toko online : tokopedia, bli-bli.com, bukalapak dll. Dan masih banyak bidang lain yang belum terexpose.

Begitu pula Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pebisnis UMKM harus lihai dalam melihat potensi pasar yakni pengguna smartphone. UMKM harus mampu bersaing dengan melakukan perubahan dari business as usual secara konvensional ke era digital seperti membuat website dan memanfaatkan media sosial. Namun harus hati-hati, biaya mahal dan efektivitas menjadi tantangan karena kita tidak bisa mengetahui pangsa pasar secara detail dan terukur.

Nah, buat kamu pebisnis UMKM, ada solusi buat ngatasi itu. 
Mamorae, memberikan kemudahan buat kamu dengan fasilitas end to end user marketing platform. Apa itu? Yakni sebuah kemudahan yang ditawarkan dengan mempertemukan produk UMKM kamu dengan calon customer secara terukur. Berbeda dengan toko online, Mamorae memiliki keanggotaan yang disebut sebagai Buzzer, Nah, buzzer inilah yang akan membantu kamu memasarkan produk kamu dan sudah pasti akan kenal dengan produk kamu. Terjangkau dan Efektif.

So, kamu bisa daftarkan produk-produk kamu di mamorae sebagai Merchant. Kamu para pebisnis UMKM tidak usah khawatir soal biaya, Mamorae menyediakan free trial selama 3 bulan.  

Mamorae increase everyone pockets!

No comments:

Post a Comment