Monday, May 16, 2016

Apa Itu Media Sosial?

Media Sosial adalah sebuah wadah di dunia digital yang memungkinkan semua orang untuk saling berinteraksi serta membuat konten menarik untuk mendapatkan keuntungan. Banyaknya pengguna media sosial juga memunculkan trend baru seperti istilah Buzzer di sosial media yang melakukan posting konten promosi yang akan mereka pos di sosial media mereka.

Contoh media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, dan forum. Salah satu contoh jejaring sosial yang paling umum digunakan Indonesia adalah Facebook dan Instagram. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 serta dapat digunakan untuk menciptakan dan pertukaran konten.

Media sosial terdiri dari berbagai bentuk media kecuali media cetak. Bentuk media yang dimaksud adalah seperti majalah, foto, video, serta suara. 

Ciri-ciri media sosial:
  1. Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namum bisa berbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS atau Internet.
  2. Pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui Gatekeeper
  3. Pesan yang disampaikan lebih cepat dibandingkan dengan media yang lain.
  4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. jika biaya yang dikeluarkan untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran membutukan modal yang sangat besar. Maka dengan media sosial kita tidak perlu merisaukan masalah itu dengan biaya yang tidak terlalu mahal sudah bisa memamfaatkan media sosial untuk memiliki media kita sendiri. Pengguna media sosial dapat menambahkan tulisan, gambar, suara, serta video.

Disini Mamorae sebagai platform yang mempertemukan media sosial dengan pemilik bisnis sebagai tempat promosi ingin menunjukan seperti apa potensi yang dimiliki oleh media sosial. Yaitu semua pengguna media sosial yang telah memenuhi syarat dapat memiliki penghasilan tambahan dengan memamfaatkan platform Mamorae.



No comments:

Post a Comment