Sunday, May 22, 2016

Hari Penyu Sedunia

Halo pengguna media sosial, apa kamu tahu bahwa setiap tahun tanggal 23 Mei diperingati sebagai Hari Penyu Sedunia? Hari penyu dan kura-kura sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2000 oleh American Tortoise Rescue untuk menarik perhatian warga dunia terhadap keberadaan kura-kura dan penyu dan mendorong manusia untuk menyelamatkan spesies yang terancam. Hari kura-kura dan penyu sedunia dirayakan di seluruh dunia dengan berbagai cara, mulai dari gerakan sosial, pembelajaran mengenai kehidupan kura-kura dan penyu, hingga pembuatan kerajinan tangan berbentuk kura-kura dan penyu. Hari yang dimaksudkan untuk mendorong kita semua guna membantu kehidupan penyu sehingga mereka bisa berkembang biak dengan baik.

Agar kita dapat memahami serta bersama-sama untuk peduli terhadap penyu berikut fakta menarik dari Liz Sim, kandidat doktor dari Universitas Queensland yang merupakan seorang pecinta penyu:

1. Penyu betina bisa melakukan perjalanan sejauh 1.500 kilometer dari tempat mereka mencari makan ke tempat untuk bertelur.

Female sea turtles can migrate up to 1,500 kilometres from their feeding ground to their nesting ground.


2. Penyu yang baru menetas dari telurnya mengetahui arah laut dengan mengikuti cahaya di kejauhan. Di pantai yang alami cahaya itu bisa berasal dari bulan atau bintang yang memantul di permukaan laut. Bila di daerah dekat pemukiman, cahaya itu berasal dari pantai, mereka akan menuju ke sana.


Recently hatched sea turtles find the sea by heading for the light on the horizon. On a natural beach this is the moon and the stars reflecting on the sea but if there are lights on the beach they will head towards them instead.


3. Penyu betina bisa terlihat seperti sedang menangis ketika mereka sedang mengeluarkan telut, namun itu sebenarnya adalah garam yang keluar dari kelenjar yang terletak di dekat matanya.


Female sea turtles can look like they're crying when they're laying eggs, but it's just the excess salt being excreted from glands near their eyes.


 4. jenis kelamin penyu ditentukan oleh suhu inkubasi dari telunya, bila suhunya lebih dingin yang keluar akan penyu jantan, sedangkan suhu lebih hangat yang muncul betina.


The sex of a turtle is determined by the incubation temperature of the egg, cool temperatures mean males and warmer temperatures mean females.

5. Beberapa jenis penyu air tawar bisa bernapas lewat pantat. Mereka memiliki lobang special yang bisa mengambil oksigen dari air.

Some species of freshwater turtles can breathe through their bottoms- they have special sacs opening off the cloaca which can take up oxygen from the water.

Nah itu tadi beberapa fakta menarik tentang binatang pemalu ini, mudah-mudahan kalian bisa mulai menyayangi kura-kura dan mencintai mereka sehingga mereka bisa selamat dari kepunahan.


Mamorae, Your Money Maker!

No comments:

Post a Comment