Thursday, May 19, 2016

Bidang Usaha UKM Yang Menjanjikan

Unit Kecil Menengah (UKM) adalah salah satu sektor yang mempunyai peranan penting sebagai motor penggerak perekonomian Indonesia. UKM hadir sebagai suatu solusi dari sebuah sistem perekonomian yang sehat. Seperti saat krisis global yang melanda dunia, UKM sama sekali tidak terkena dampak apapun. Usaha kecil menengah (UKM) yang ada di negara kita telah menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan juga UKM juga akan membuka lapangan kerja untuk masyarakat. Dapat dibayangkan manfaat yang ditimbulkan dengan hadirnya UKM.
Walaupun saat ini UKM telah berkembang pesat tetapi tidak sedikit dari antara kita kesulitan untuk memilih jenis usaha yang akan kita bangun. Alasannya beragam, tetapi seringnya para calon pelaku UKM bingung akan bidang usaha mana yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Nah bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri, berikut ini kami rangkum beberapa bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang cukup menjanjikan, bahkan diantaranya.

1. Bisnis UKM di Bidang Kuliner
Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang nyaris tidak akan pernah mati sampai kapan pun, alasan utamanya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bisnis kuliner ini pun punya banyak kategori, mulai dari makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok. Semua kategori di bisnis kuliner ini (camilan, minuman, makanan pokok) punya potensi yang sangat bagus, tergantung cara kita dalam memasarkannya.


2. Bisnis UKM di Bidang Fashion
Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) adalah jenis bisnis yang sangat potensial dan akan selalu dicari oleh banyak orang. Alasannya sangat sederhana, pakaian adalah kebutuhan sekunder bagi manusia, dan manusia sekarang ini punya banyak keinginan untuk model pakaian mereka. Yang menarik dari bisnis fashion saat ini adalah, kita bisa bisa memiliki bisnis fashion dengan modal yang sangat minim namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier fashion yang menawarkan sistem penjualan dengan cara menjadi reseller, sehingga kita sudah bisa memulai bisnis dengan modal yang relatif kecil.



3. Bisnis di Bidang Teknologi Internet
Perkembangan internet telah memberikan banyak sekali peluang usaha bagi usaha kita. Bukan hanya pada mereka yang telah memiliki bisnis yang belum menggunakan internet, tapi juga pada mereka yang belum memiliki bisnis meraih sukses dengan memanfaatkan internet. Yang saya maksudkan di sini adalah bisnis internet yang memang khusus dibangun untuk bisnis internet jangka panjang, atau biasanya disebut dengan startup bisnis. Dewasa ini ada banyak jenis startup yang ada di Indonesia yang sedang berkembang pesat, ini membuktikan bahwa pasar online merupakan pasar yang sangat potensial. Seperti www.mamorae.com juga merupakan salah satu startup yang bergerak di bidang online marketing dengan menggunakan bantuan Buzzer atau pengguna media sosial.


Di atas tadi adalah beberapa bidang UKM yang sangat menjanjikan untuk dirintis. Mungkin masih ada beberapa jenis usaha yang belum kami tuliskan di artikel ini, Silahkan isi komentar di bawah ini :)



No comments:

Post a Comment