Monday, May 2, 2016

Hari Kebebasan Pers 3 Mei

Hai Mamos, berhubung hari ini tanggal 3 Mei kita merayakan hari kebebasan pers sedunia maka ada baiknya kita mengerti apa makna dibalik hari kebebasan pers sedunia itu. Inilah hari untuk kembali mengingatkan perjuangan para jurnalis yang telah mempertaruhkan nyawa saat menjalankan tugas mereka dalam menguak kebenaran. Hari ini juga didedikasikan untuk merayakan serta mengevaluasi praktik kebebasan pers di dunia.

Tanggal 3 Mei diproklamasikan sebagai WPFD (World Press Freedom Day) oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1993, sebagai respon terhadap Deklarasi Windhoek, yakni pernyataan mengenai prinsip dasar kebebasan pers yang diserukan oleh para journalist asal Afrika pada tahun 1991. 

Kebebasan pers adalah kebebasan setiap individu untuk mendapatkan informasi dari berbagai media massa baik media cetak maupun media elektronik. Namun kebebasan pers tidak boleh melanggar norma yang berlaku. Kebebasan pers berfungsi sebagai sebuah sarana untuk mendapatkan informasi yang berguna bagi masyarakat. Bagi sebuah institusi seperti pemerintahan media massa berfungsi untuk menyampaikan kebijakan yang sedang di bahas.

Pers Indonesia sendiri dimulai sejak dibentuknya kantor berita ANTARA didirikan pada tanggal 13 Desember 1937 sebagai kantor berita perjuangan untuk membantu Indonesia untuk merdeka, yang mencapai puncak saat proklamasi 17 Agustus 1945. Kemerdekaan pers dalam arti luas adalah pengungkapan kebebasan berpendapat secara kolektif dan hak berpendapat secara individu yang diterima sebagai hak asasi manusia.

Masyarakat yang demokratis dibangun atas dasar konsepsi kedaulatan rakyat yang ditentukan dengan opini publik secara terbuka. Hak publik inilah makna dari kemerdekaan pers yaitu kebebasan untuk memberikan dan menerima informasi. Tidak ada kemerdekaan pers sama saja dengan tidak adanya hak asasi manusia. Pers juga berfungsi sebagai penjaga yang mengawasi setiap penyelenggaraan pelayanan publik dan penyelewengan yang terjadi dalam pemerintah.

Itulah makna dari hari kebebasan pers sedunia, dimana kita berhak menerima informasi yang benar serta berhak memberikan informasi yang benar pula.

Mamorae, your money maker!
www.mamorae.com

No comments:

Post a Comment